Belajar dari Randy Blythe Lamb Of God : Vokalis Cum Aktivis - Penulis - Fotografer

Penulis : Aldian
Seberapa banyak profesi yang mampu dijalankan seseorang dalam suatu waktu? Kita bisa belajar dari Randy Blythe vokalis band metal Lamb Of God karena selain dikenal sebagai vokalis, dia dikenal juga sebagai penulis buku, aktivis politik dan lingkungan dan serta seorang fotografer dan semuanya ia lakukan bersamaan.

Memulai karirnya sebagai koki di sebuah restoran, Randy bergabung dengan band Lamb Of God pada tahun 1995, waktu itu Lamb Of God masih menggunakan nama panggung Burn The Priest sebagai sebelum berubah pada tahun 1999. Randy sendiri diambil sebagai vokalis setelah Burn The Priest meluncurkan 3 album demo di Virginia Amerika Serikat (AS).

Kesuksesan Lamb Of God (termasuk Randy) dimulai saat meluncurkan album As The Palaces Burn pada tahun 2003. Berbagai kritikus musik memuji Lamb Of God sebagai band metal yang melanjutkan tradisi band metal seperti Pantera, Triviun dan sebagainya.

Saat itu memang musik metal sedang didominasi oleh band-band yang menyebut genre mereka hip metal/rap metal, sebuah paduan antara distorsi musik metal dengan vokalis yang menggunakan lirik ritme rap atau hiphop dengan tambahan alat musik elektrik seperti yang ditampilkan Slipknot, Limp Bizkit atau Korn.

Penikmat musik Lamb Of God pun bertambah ditandai dengan lakunya penjualan album mereka baik dalam bentuk kaset maupun rekaman digital dan berulang kali menduduki puncak tangga lagu Amerika dan Eropa setiap meluncurkan single lagu mereka. Kesuksesan yang berlanjut hingga sekarang sehingga mereka disebut menjadi band metal legendaris yang melanjutkan tradisi band metal sesungguhnya.

Saat puncak karirnya bersama Lamb Of God, Randy pernah menemui masalah besar yang hampir mengakhiri karirnya di dunia musik. Pada tahun 2012 dia ditangkap oleh polisi Republik Ceko saat akan menggelar konser di bekas republik Soviet tersebut.

Tuduhannya pun tidak main-main yaitu pembunuhan remaja pria yang terjadi di tahun 2010 saat Lamb Of God mengadakan konser disana. Kejadiannya waktu itu salah satu fans Lamb Of God naik ke atas panggung dan meninggal dunia setelah terjatuh dari panggung. Saat persidangan berlangsung Randy dianggap sebagai pelaku pembunuhan karena mendorongnya, diapun menyatakan tidak bersalah selama persidangan.

Meski begitu pengadilan Republik Ceko akhirnya memutuskan Randy bersalah dan ia sempat ditahan selama 5 minggu di penjara bawah tanah. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Randy menulis buku pertamanya yang berjudul Dark Days : A Memoar.

Buku ini selain mendapat resensi yang positif juga menjadi salah satu buku terlaris di AS pada tahun 2015. Dia sendiri mengatakan buku pertamanya itu ia tulis sebagai refleksi yang terjadi selama kehidupannya dan ia menulisnya penuh perasaan.

Tidak hanya menulis buku, Randy juga menjadi seorang aktivis yang peduli dengan isu politik dan lingkungan. Keterlibatannya dalam dunia aktivisme bisa dilihat dari tulisan yang ia buat tahun 2016, saat ia memutuskan menjalani langsung kehidupan di Standing Rock, Dakota Utara AS.

Kala itu memang terjadi konflik terkait pembangunan pipa minyak yang melibatkan pemerintah AS, dengan penduduk asli suku Indian yang bermukim di jalur pipa yang akan dibangun. Randy sendiri memutuskan untuk merasakan langsung kehidupan suku Indian yang terancam terusir dari tempat tinggalnya.

Di akhir perjalanan Randy memberikan solusi bahwa butuh banyak orang untuk memikirkan permasalahan bahan bakar yang terbatas dan butuh banyak orang juga untuk mewujudkan hal tersebut. Tulisan lengkap tentang pengalaman Randy sudah diterbitkan majalah Rolling Stone dan dapat dibaca di sini .

Terinspirasi dari pengalamannya selama di sana Randy berencana menulis buku keduanya yaitu novel bertema futuristik yang dekat dengan isu lingkungan. Saat diwawancara baginya aktivitas menulis buku membuat rekaman musik seperti kembali menjadi anak TK, sebab hanya dengan menulis Randy harus fokus pada hal-hal kecil dan mengerahkan seluruh kemampuannya.

Keterlibatan Randy dalam isu-isu sosial tak berhenti sampai di situ. Saat Donald Trump terpilih sebagai presiden AS Randy menyatakan bahwa Trump adalah orang berbahaya dengan program-programnya yang dianggap membawa ilusi kejayaan Amerika di masa lampau. Meski ia sendiri mengaku tidak memihak partai Republik maupun Demokrat, tapi kekhawatiran terbesarnya adalah masyarakat Amerika yang terpecah belah akibat wacana Trump yang seringkali kontroversial.

Aktivitas lain yang juga dilakukan Randy adalah fotografi. Dia menggangap hobinya yang ini membuat dia merenung sejenak dan sedikit obyektif dalam melihat hal di sekitarnya. Karya Randy juga sering dipamerkan di sela kesibukannya sebagai vokalis dan dapat dilihat juga di situs resmi serta akun IG miliknya.

Melihat perjalanan hidup Randy bagi saya merupakan antitesa dengan doktrin yang selama ini diajarkan bahwa kita harus fokus pada satu hal saja untuk menjadi sukses. Justru sebaliknya, hidup di dunia yang serba cepat bukanlah alasan untuk tidak mampu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu.

Artinya hidup di bawah kapitalisme tidaklah semuram yang Marcuse katakan bahwa kita semua menjadi hanya menjadi manusia satu dimensi saja. Terakhir tulisan ini saya tutup dengan pernyataan Randy saat ditanya tentang masalah politik yang terjadi di AS dan menurut saya juga berlaku di seluruh dunia "This is the state of modern political discourse in a nutshell. We are fucking living in Planet of the Apes"

Referensi

  1. http://loudwire.com/lamb-of-god-randy-blythe-impossible-this-point-fix-political-social-divisiveness-interview/
  2. http://www.ketagalanmedia.com/2018/01/08/heavy-metal-taiwan-conversation-lamb-gods-randy-blythe-part-3/
  3. https://www.rollingstone.com/music/features/lamb-of-gods-randy-blythe-on-summer-slayer-tour-trump-w472273
  4. https://www.rollingstone.com/music/news/lamb-of-gods-randy-blythe-plans-futuristic-novel-20160108
  5. https://www.yahoo.com/music/lamb-gods-randy-blythe-following-slayer-surviving-trump-230916174.html
  6. https://en.wikipedia.org/wiki/Randy_Blythe
  7. https://en.wikipedia.org/wiki/Randy_Blythe_manslaughter_case
  8. https://edition.cnn.com/2013/03/05/showbiz/music/lamb-of-god-randy-blythe-acquitted-rstone/index.html
  9. https://en.wikipedia.org/wiki/Lamb_of_God_(band)
  10. https://www.randyblythe.net/
  11. http://randonesia.tumblr.com/
  12. https://www.instagram.com/drandallblythe/

No comments:

Powered by Blogger.